KAWAN POP SLI KABUPATEN BIMA MELAKUKAN KUNJUNGAN MONITORING PERKEMBANGAN PROGRAM DI 10 SEKOLAH DAMPINGAN

Kawan POP SLI Kabupaten Bima Melakukan Kunjungan Monitoring Perkembangan Program di 10 Sekolah Dampingan

Fasilitator Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia (POP SLI) melaksakan kegiatan observasi program di 10 Sekolah Dampingan Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut dilaksakan di waktu berbeda dari tanggal 13 hingga 27 Maret 2023.

Pada Senin, (13/3/2023) Kawan SLI melaksakan kegiatan observasi di SDN Inpres Soroafu yang terletak di seberang laut tepatnya di Desa Waduruka.

Kegiatan Observasi, di awali dengan Focus Group Discussion (FGD) bersama kepala sekolah dan dewan guru untuk mendiskusikan terkait perkembangan program POP SLI dan alur kegiatan observasi.Selain FGD, juga dilakukan praktik Coaching, Fun Learning Activities (FLA), Fun Reading Aktivities (FRA), dan pengukuran aktivitas perpustakaan serta ceruk ilmu/pojok baca.

Praktik FLA dan FRA dilakukuan oleh masing-masing 2 orang guru yang dipilih oleh Kepala sekolah. 2 di antaranya adalah guru model di sekolah tersebut dalam program POP SLI.

Untuk praktik coaching sendiri dilakukan oleh kepala sekolah terhadap salah seorang guru yang terpilih guna memfasilitasi guru agar mampu menemukan sendiri solusinya terhadap permasalahan yang ia dihadapi. Di samping itu, dalam kegiatan observasi ini Kawan SLI Bima selaku Fasilitator SLI juga melaksakan kegiatan survey minat baca guru dan siswa.

Sementara itu untuk SDN 1 Rupe dilaksanakan pada 15 Maret, SDN Rompo dan SDN Inpres Waworada dilaksanakan pada 17 Maret 2023, SDN Inpres Dumu dilaksanakan pada 21 Maret 2023, SDN Inpres Sambane dilaksanakan pada 27 Maret 2023, SD Rompo dilaksanakan pada 17 Maret 2023, SDN Inpres Rore dan SDN Inpres Karumbu dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2023, dan SDN Karumbu dilaksanakan pada 21 Maret 2023.

Observasi ini, tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari Kepala sekolah, dewan guru dan semua siswa di SDN Inpres Soroafu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Kreasi Literasi “Fun Reading Activities” Ala PELITA SLI Penulis: Umi Laila Sari Redaktur: Fitriana[…]