DIKBUDPORA KABUPATEN BIMA RESMIKAN KOMUNITAS MEDIA PEMBELAJARAN (KOMED) WILAYAH KABUPATEN BIMA

Guru Dampingan POP SLI Dibekali Materi Penyusunan Modul KLiK

Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) adalah salah satu program yang berada di bawah naungan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Dompet Dhuafa. KOMED merupakan sebuah wadah belajar bagi guru-guru untuk berkarya menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas dan sebagai tempat meningkatkan kualitas guru melalui beragam aktivitas serta pengayaan. Hadir dengan visi meningkatkan mutu pendidik melalui pemberdayaan komunitas secara kontinu dan konsisten.

Beberapa kegiatan KOMED antara lain pelatihan, workshop, talkshow, pembuatan media & proyek buku, lomba cipta media pembelajaran & diseminasi. Yang terbaru, di bulan November KOMED. Susunan kepengurusan dari atas ke bawah terdiri dari kepengurusan pusat, pembina dan koordinator wilayah, pengurus wilayah & anggota.

Sebagai bentuk upaya untuk melanjutkan kebermanfaatan Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia (POP SLI) secara mandiri di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Melalui Kawan SLI Bima selaku fasilitator POP, pembentuk pengurus KOMED wilayah Kabupaten Bima telah terselanggara pada Sabtu 18 Maret 2023 lalu. Pengurus KOMED yang telah dilantik oleh Kepala Dinas Kabupaten Bima tersebut merupakan guru-guru yang berasal dari 10 sekolah dampingan POP SLI.

Pelaksanaan Peresmian KOMED Bima turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekertaris Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, H. Fathurrahman, M.Pd., Camat Langgudu, Abubakar, S.E. Kepala UPT Korwil Langgudu beserta Pengawas. 10 Kepala Sekolah dampingan serta guru-guru sekolah dampingan dan juga KAWAN SLI Bima. Kegiatan Persemian juga disaksikan secara virtual melalui zoom meeting oleh pihak SLI Pusat dan juga pengurus KOMED Pusat.

Acara tersebut berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Desa Rupe Kecamatan Langgudu. Dalam rangkaian acaranya, beberapa sekolah dampingan menunjukkan kemampuan siswa-siswi mereka lewat aksi panggung yang ciamik. Ragam penampilan peserta didik sebagai bentuk aktualisasi diri bagi mereka dalam berkreasi lewat seni tari. Aksi panggung yang digelar di sela-sela kegiatan begitu menghibur para tamu undangan.

Dalam sambutan singkatnya Sekdis Dikbudpora Kabupaten Bima sangat mendukung adanya Komunitas yang telah diprakarsai oleh KAWAN Bima. “Saya berharap, lewat komunitas ini tidak hanya menyasar 10 sekolah dampingan POP SLI saja, tetapi manfaatnya bisa berimbas di sekolah lain yang ada di kabupaten Bima”, ucapnya. Beliau juga menuturkan pemanfaatan media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu dengan adanya KOMED ini bisa membantu guru-guru untuk mengembangkan karya dan melalui media-media pembelajaran ini bisa merangsang siswa memahami apa yang diajarkan oleh guru di sekolah.

Sebagai simbolis diresmikannya KOMED Bima, Sekdis Dikbudpora Bima menyematkan Pin KOMED pada salah satu pengurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Pembekalan Penyusunan Modul Kelas Literasi Kreatif Secara Daring di Enam Wilayah PELITA Setelah melaksanakan[…]