Sekolah Literasi Indonesia
Sekolah Literasi Indonesia (SLI) adalah program yang berfokus pada pengembangan budaya literasi diseluruh ekosistem pendidikan yang meliputi pendidikan formal, informal,dan non formal. SLI hadir sebagai ikhtiar dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia melalui literasi.
Upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam satu wilayah. Program SLI diadakan secara terstruktur dan berkala serta memiliki kesinambungan dalam hal implementasi secara praktis di lapangan.
Program SLI juga mengoptimalkan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan budaya literasi siswa. Selain itu, Program pemberdayaan masyarakat juga sangat dibutuhkan guna menunjang kebutuhan literasi di masyarakat melalui optimasi peran TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang berada di wilayah program.
Sekolah Literasi Indonesia
Sekolah Literasi Indonesia (SLI) adalah program yang berfokus pada pengembangan budaya literasi diseluruh ekosistem pendidikan yang meliputi pendidikan formal, informal,dan non formal. SLI hadir sebagai ikhtiar dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia melalui literasi.
Upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam satu wilayah. Program SLI diadakan secara terstruktur dan berkala serta memiliki kesinambungan dalam hal implementasi secara praktis di lapangan.
Program SLI juga mengoptimalkan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan budaya literasi siswa. Selain itu, Program pemberdayaan masyarakat juga sangat dibutuhkan guna menunjang kebutuhan literasi di masyarakat melalui optimasi peran TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang berada di wilayah program.
TUJUAN UMUM
Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat dalam upaya membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan berkualitas
TUJUAN KHUSUS
Meningkatkan minat baca warga sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Meningkatkan kompetensi literasi guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat.
Membentuk karakter positif siswa melalui pembiasaan literasi.
Membangun gerakan literasi melalui pembentukan komunitas literasi untuk guru, orang tua siswa, dan masyarakat.
Bentuk Program
- Pembiasaan kegiatan membaca (Gemari Baca) di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
- Pengembangan penunjang aktivitas literasi.
- Peningkatan kompetensi guru, orang tua dan para penggiat dalam bidang literasi.
- Pengembangan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang berbudaya literasi.
- Pembentukan komunitas literasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Mitra Kami
Testimoni
"Pendampingan yang di lakukan oleh SLI sangat bermanfaat bagi perkembangan TBM Mario Laha. Bantuan tambahan buku buku dan pendampingan kegiatan yang variatif dapat memberi spirit kepada anak anak sehingga lebih termotivasi datang ke TBM"
"Adanya SLI banyak membawa perubahan terhadap wajah sekolah. Salah satunya adalah lahirnya program Kubalistung (Kunjungan Baca, Tulis, Berhitung di Saung). Kubalistung membawa harapan baru akan permasalahan terkait kemampuan baca yang sangat rendah. Alhamdulillah dengan program ini sangat meningkatkan kemampuan baca yang signifikan terutama pada kelas tinggi."
"Adanya program SLI di sangat membantu anak dalam proses belajar, meningkatnkan minat membaca anak, serta anak lebih kreatif dan disiplin. Adanya parenting juga mampu meningkatkan komunikasi dan kerja sama antara guru dan orang tua sehingga membantu orang tua dalam proses mendidik dan mengasuh anak."
"Berkat pendampingan dari Kawan SLI, para relawan jadi lebih percaya diri dalam menyampaikan materi ke anak. Adik-adik juga mulai percaya diri dan berani berekspresi, baik dalam membaca, bercerita, berkomunikasi, bahkan menunjukan minat dan potensi mereka."
"Dulunya kelas kami tampak seadanya. Setelah pendampingan dari SLI, sekarang tampilannya lebih menarik dengan adanya ceruk ilmu dan hiasan dinding edukatif. Hal tersebut membuat budaya membaca siswa tertanam kuat. Selain itu, pembelajaran di kelas lebih hidup dan menyenangkan dengan adanya praktik Fun Literacy Activities."
"Adanya pendampingan SLi membuat saya termotivasi untuk menulis dan berkarya. Saya mampu membuat antologi puisi, praktik baik, jurnal pendidikan, dan PTS. Selain itu, performa sekolah saya meningkat dengan adanya ceruk ilmu di setiap kelas dan ruang guru, budaya literasi pagi, serta integrasi literasi dalam pembelajaran yang menyenangkan."