BANNER FRA

FUN READING ACTIVITIES

Fun Reading Activities  (FRA) merupakan ragam aktivitas membaca, yang dikemas secara terstruktur dan menyenangkan untuk mendukung keterampilan membaca dan berpikir kritis pada siswa. FRA memiliki empat ragam kegiatan membaca, yaitu : membaca secara nyaring, membaca berpasangan, membaca bersama dan membaca mandiri.

Membacakan nyaring adalah aktivitas membaca dengan suara cukup keras menggunakan ekspresi sesuai dengan situasi buku yang dibaca.

Membaca bersama adalah aktivitas membaca buku bersama-sama dengan guru dan teman-teman. Membaca bersama adalah tahapan kedua dalam FRA yang ditujukan untuk membentuk kebiasaan membaca anak.

Membaca berpasangan adalah aktivitas  membaca buku yang dilakukan oleh anak secara berpasangan. Setiap mereka membaca buku bersama-sama (bukan bergantian). 

Membaca mandiri adalah aktivitas anak membaca buku secara mandiri. Bisa membacakan buku dalam hati atau disuarakan secara perlahan agar dapat didengar oleh guru mereka. Tujuan dari membaca mandiri untuk melatih anak-anak bisa membaca buku sendiri dengan buku pilihan yang ia sukai.

FUN READING ACTIVITIES

Fun Reading Activities  (FRA) merupakan ragam aktivitas membaca, yang dikemas secara terstruktur dan menyenangkan untuk mendukung keterampilan membaca dan berpikir kritis pada siswa. FRA memiliki empat ragam kegiatan membaca, yaitu : membaca secara nyaring, membaca berpasangan, membaca bersama dan membaca mandiri.

Membacakan nyaring adalah aktivitas membaca dengan suara cukup keras menggunakan ekspresi sesuai dengan situasi buku yang dibaca.

Membaca bersama adalah aktivitas membaca buku bersama-sama dengan guru dan teman-teman. Membaca bersama adalah tahapan kedua dalam FRA yang ditujukan untuk membentuk kebiasaan membaca anak.

Membaca berpasangan adalah aktivitas  membaca buku yang dilakukan oleh anak secara berpasangan. Setiap mereka membaca buku bersama-sama (bukan bergantian). 

Membaca mandiri adalah aktivitas anak membaca buku secara mandiri. Bisa membacakan buku dalam hati atau disuarakan secara perlahan agar dapat didengar oleh guru mereka. Tujuan dari membaca mandiri untuk melatih anak-anak bisa membaca buku sendiri dengan buku pilihan yang ia sukai.

Oleh: Nurul Aeni
Pengelola Sekolah Literasi Indonesia
Dalam melaksanakan aktivitas membaca menyenangkan, terdapat aturan 5 jari. Penasaran aturannya seperti apa? Tonton[…]
Oleh: Marlina Ayuningtyas
Pengelola Sekolah Literasi Indonesia
Membaca nyaring atau yang lebih dikenal dengan Read Aloud merupakan aktivitas membaca menyenangkan yang[…]