KENALKAN KONSEP LITERASI KREATIF, DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KETAPANG SAMBUT ANTUSIAS

Kenalkan Konsep Literasi Kreatif, Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang Sambut Antusias

KETAPANG Kalimantan Barat– Penggiat Literasi Indonesia (PELITA) angkatan 3 Kabupaten Ketapang pada Kamis, 10 Agustus 2023 lalu mendapat kunjungan kerja dari tim Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa (SLI DD).

Kunjungan tersebut dalam rangka bersilaturahmi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ketapang, dan para tim PELITA Wilayah Ketapang, menggelar pelatihan penyusunan aktivitas kelas literasi kreatif, serta memonitoring dan evaluasi program PELITA Ketapang yang akan dan yang telah dijalankan.

Bersama dengan PELITA Ketapang yaitu Ibu Utin Eraturistina, tim perwakilan SLI bertemu dengan Dinas Pendidikan Kabupaten yang diwakili oleh sekretaris dinas pendidikan dan perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ketapang untuk melakukan audiensi dan memperkenalkan komunitas PELITA dan SLI sebagai bagian dari organisasi Dompet Dhuafa yang bergerak di bidang Literasi.

Kunjungan tersebut disambut dengan hangat oleh Sekdis Pendidikan Kabupaten Ketapang Bapak Sugiarto, S.Pd.,M.H. ”Dinas Pendidikan sangat menerima dan terbuka untuk kegiatan ini dan diharapkan kegiatan ini ada keberlanjutannya. Jika ada yang diperlukan untuk keberlangsungan kegiatan PELITA Ketapang, kami siap membantu,” tutur Sugiarto.

Di hari kedua, yaitu Jumat, 11 Agustus 2023 perjalanan Tim SLI dilanjutkan menuju SDS Eka Tjipta Kencana yang berada di Desa Rangkung, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang. Agenda di hari kedua adalah pelaksanaan workshop Kelas Literasi Kreatif (KLiK) yang bertujuan untuk memberikan edukasi ke tenaga pengajar tentang pembelajaran berbasis literasi yang bermakna dan menyenangkan.

Sebanyak 20 peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan guru dari SDs Eka Tjipta Kencana dan guru dari SDN 10 Marau.  Agenda workshop ini diawali dengan perkenalan tentang program PELITA dan dilanjutkan dengan presentasi serta diskusi yang dipandu oleh Tim PELITA Ketapang, Bapak Muhammad Kurnia Adzhari dan Ibu Yuli Dasmiyati yang menyampaikan terkait Kelas Literasi Kreatif (KLiK) serta bagaimana membuat modul pembelajaran yang menarik dengan mengedepankan konsep literasi di dalamnya.

Setelah sesi presentasi selesai, lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok dan membuat rancangan modul pembelajaran kreatif oleh seluruh guru peserta workshop. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan secara singkat oleh 2 kelompok terpilih yang menyampaikan hasil pembuatan modul ajar kreatifnya. Kumpulan dari modul ajar kreatif tersebut akan ditindaklanjuti sebagai langkah awal komunitas KLiK dan kedepannya akan mendapat kesempatan untuk dibukukan sesuai dengan fase kelas masing-masing.

Di hari ketiga, 12 Agustus 2023, dilanjutkan dengan implementasi Fun Reading Activities yang dipraktikkan oleh Ibu Yulianti Dasmayanti sebagai perwakilan PELITA. Agenda ini sebagai bentuk observasi tim SLI pada pendalaman materi yang telah diperoleh peserta calon PELITA yang telah mengikuti kelas intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]