GURU TK NEGERI PEKALONGAN CIPTAKAN KARYA MELALUI BUKU CERITA ANAK BERSAMA KOMED JAWA TENGAH

Guru TK Negeri Pekalongan Ciptakan Karya melalui Buku Cerita Anak Bersama KOMED Jawa Tengah

Bertempat di Gedung Korwil Kajen, Kab Pekalongan, Jawa Tengah, sebanyak 35 orang dari 9 Lembaga TK Negeri Pembina di wilayah Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olah Raga Kab. Pekalongan mengikuti kegiatan workshop Pembuatan Buku Cerita Anak. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Call To Action (CTA) Komuntias Media Pembelajaran (KOMED) Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 7 Agustus lalu ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan, yakni dua kali secara luring dan dua kali secara daring. Akhir kegiatan dari workshop ini adalah panen karya buku cerita anak dari seluruh peserta yang akan dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kab Pekalongan. Harapannya kegiatan ini mampu mendorong terbentuknya Komunitas penulis di wilayah Pekalongan, sekaligus reorganisasi pengurus KOMED kedepannya.

Acara yang diikuti antusias oleh para guru TK-PAUD ini dibuka oleh Kasi PAUDNI ibu Rose Diana Suroto,S.Pi, dalam sambutannya beliau menyampaikan di masa sekarang penting seorang pendidik mengikuti komunitas guna meningkatkan kompetensi diri. “Alhamdulillah salah satau Komunitas yang peduli dengan kita yaitu KOMED. KOMED telah menunjukkan eksistensinya kepada kita, silakan manfaatkan momentum ini dengan baik dan jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung bersama KOMED agar punya kesempatan dalam meningkatkan kompetensi teman-teman semuanya,” seru ibu Rose Diana.

Ddi akhir sambutan beliau berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh dan ke depannya bisa mengimbaskan praktik baik ini kepada rekan pendidik yang lain agar jariyah kebaikan mengalir.

Pembahasan pada pertemuan pertama ini adalah, dasar pembuatan buku cerita anak yang disampaikan oleh Purwanto selaku pembina Regional KOMED Jawa dan DIY. Dalam pemaparannya, ia mengungkapkan bahwa sangat penting bagi kita memperhatikan sasaran pembaca atau jenis buku yang akan kita buat dengan memahami jenjang buku.

Dalam kesempatan ini banyak peserta yang merasakan kebermanfataan dari kegiatan ini, salah satu peserta Ibu Suminah menyampaikan, bahwa membuat buku cerita anak ini sangatlah mudah, bisa dimulai dari topik pembelajaran yang selama ini kita lakukan.

Pesan dari Kabid PAUDNI Kab. Pekalongan, Bapak Yakup Ali Rojai, S.Pd.M.Pd, kerjasama dan acara ini dapat berlanjut dan bisa mengimbas ke lembaga pendidikan di wilayah kerjanya sehingga kualitas SDM dan pembelajaran di masing-masing lembaga semakin baik dan meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]