LIBATKAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI, FASILITATOR KLASTER MANDIRI SLI DAN PAUD AZ-ZAHRA BERKOLABORAKSI USUNG PELATIHAN PARENTING

Libatkan Orang Tua dalam Pengembangan Literasi, Fasilitator Klaster Mandiri Sli dan PAUD Az-Zahra Berkolaboraksi Usung Pelatihan Parenting

Oleh: Fitriana Mahmuddin

Program Klaster Mandiri di bawah naungan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa (SLI-DD) bersama PAUD Az-Zahra berkolaborAksi melaksanakan Pelatihan Parenting di Dusun Katewel, Desa Letekonda, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Pada Sabtu (17/12) lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergi antara pihak PAUD Katewel dan orang tua siswa. Selain itu juga menjadi wadah refleksi bersama dan menjadi ruang diskusi untuk saling bertukar pikiran dalam melakukan pola asuh positif dan literat. Sehingga pihak sekolah dan orang tua dapat berkerj asama dalam mengembangkan literasi anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orangtua orang tua peserta kegiatan pelatihan parenting, dan juga turut dibersamai oleh bunda-bunda PAUD Az-Zahra sebagai sekolah dampingan program Klaster Mandiri (SLI).

Dalam sambutannya, Bu Yana, pimpinan pengelola PAUD Az-Zahra menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan tersebut. “Rasanya bersyukur, dan terharu karena selama PAUD ini berdiri belum pernah melaksanakan pelatihan Parenting seperti ini, walaupun sebenarnya ada keinginan hati,” tutur Bu Yana.

Menurutnya kesempatan ini patut dimaksimalkan dengan baik, sehingga kolaborasi antara pihak sekolah dan PAUD dalam mengembangkan pertumbuhan anak Katewel menjadi meningkat karena dukungan semua pihak khususnya orangtua siswa.

Kegiatan Pelatihan Parenting ini difasilitasi oleh Baim, Fasilitator Literasi Program Klaster Mandiri SLI-DD. Menurutnya ini adalah materi yang cukup menarik dan menantang. “Sebagai bentuk usaha yang saya lakukan untuk menyampaikan materi ini dengan baik, saya memulainya dengan membaca dari berbagai sumber artikel dan melakukan diskusi dengan psikolog, orang tua dan juga anak-anak,” ungkap Baim. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan,” tambahnya.

Salah satu peserta Pelatihan Parenting yang aktif dalam bertanya maupun memberikan ~pendapat~ (tanggapan) adalah Ibu Siti Hajar. “Saya senang dengan pelatihan ini karena sebagai ibu saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, dan ternyata betul ada banyak pelajaran yang dapat saya terapkan dalam pola asuh dalam mendidik anak saya, saya mengucapkan terimakasih karena sudah membuat suatu pelatihan perdana tentang parenting di PAUD Az-Zahra Katewel,” ucap Siti Hajar.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, orang tua mampu membangun sinergitas dengan pihak PAUD atau para masyarakat lainnya bahwa tugas mendidik anak adalah tugas semua kalangan. Selain itu kesadaran orang tua dalam membangun pola asuh positif bisa dibudayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Bantul,Yogyakarta – Dompet Dhuafa bersama  (KOMED) Komunitas Guru Media Pembelajaran   sebagai wadah belajar bagi para guru[…]