SLI LPI DD DAN MATAHARI DEPARTEMENT STORE LAKSANAKAN SOSIALISASI PROGRAM KLASTER MANDIRI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DI SUMBA BARAT DAYA

SLI LPI DD dan Matahari Departement Store Laksanakan Sosialisasi Program Klaster Mandiri Pendidikan dan Kesehatan di Sumba Barat Daya

NTT – Pada Kamis (27/10) Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD), Matahari Departement Store, dan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Klaster Mandiri di Dusun Katewel, Desa Letekonda, Kec. Loura Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialiasi program ini adalah memperkenalkan program Klaster Mandiri, fasilitator SLI LPI DD dan fasilitator kesehatan yang akan bertugas selama satu tahun ke depan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kerjasama antara fasilitator dengan pemerintah desa dan semua lapisan masyarakat.

Acara sosialisasi program ini dibuka Yohanes Bili Kalumbang, Sekretaris Desa Letekonda. Dalam sambutannya Yohanes mengapreasiasi dan berterima kasih atas kehadiran Fasilitator SLI LPI DD dan fasilitator kesehatan dan  berharap kerja sama antara SLI LPI DD dengan Pemerintah Desa Letekonda dapat terus berlanjut dan mengharapkan kolaborasi antara semua pihak, “Saya mengharapkan kolaborasi yang baik dapat terus diupayakan antara pemerintah desa dan SLI LPI DD sehingga kebermanfaatan program bisa dirasakan oleh semua masyarakat Letekonda,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala dusun, pihak puskesmas kecamtan, bidan desa, kader kesehatan, kepala sekolah, pimpinan paud, dan seluruh masyarakat yang berada di Dusun Katewel Desa Letekonda yang sudah berhadir. Menariknya untuk menyukseskan sosialisasi program ini juga mendapatkan dukungan dari karang taruna yang terlibat penuh sebagai bagian dari kepanitian. Menurut, Fazaruddin, Ketua Pemuda dari Dusun Katewel, sudah sepatutnya pemuda ikut andil dalam mendukung kemajuan daerahnya “Setiap hal baik untuk pembangunan di desa, kami sebagai pemuda harus ambil peran walau sekecil apapun itu,” ujar Fazaruddin.

Sementara itu Ibrahim, Fasilitator Pendidikan Bidang Literasi menyampaikan tiga ekosistem yang menjadi sasaran program dampingan ini adalah, SD Negeri Katewel dan Paud Katewel, Masyrakat serta orang tua, “InsyaAllah program dampingan ini melalui DD dan mitra Matahari akan membangun TBM (Taman Baca Masyarakat) yang akan di pergunakan sebagai tempat belajar non formal dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Letekonda khususnya bagi anak-anak,” tutur Ibrahim.

“Ibarat sebuah lidi yang biasanya ibu-ibu gunakan untuk menyapu halaman rumah yang dipenuhi sampah, jika lidinya hanya satu saja apakah mampu membersihkan semua sampah tersebuh, tentu saja tidak. Butuh lebih banyak lidi-lidi lainya yang di gabungkan menjadi satu kesatuan. Sama dengan kehadiran kami di sini, untuk menyukseskan program yang akan dilaksanakan ke depan butuh bantuan dan kolaborasi yang baik dari bapak/ ibu sekalian,” pungkas Ibrahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]