SERUNYA KLiK RAMADAN DI PEDALAMAN GOWA

Serunya KLiK Ramadan di pedalaman Gowa

Puasa seharian tak menjadi alasan anak-anak di Desa Rannaloe bermalas-malasan dan berdiam diri di rumah. Justru sebaliknya, anak-anak di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menjalani puasa dengan penuh keceriaan.

Melalui Program Klaster Mandiri, Sekolah Literasi Indonesia Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (SLI LPI DD) menggelar kegiatan KLiK (Kelas Literasi Kreatif) yang diikuti oleh puluhan anak-anak di sekitar Desa Rannaloe Jumat, (7/4) hingga Sabtu, (0/4).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa, dan dihadiri oleh Pengurus TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Panrita Lestari Desa Rannaloe, siswa dan guru-guru dari sekolah dampingan dan imbasan Program Klaster Mandiri SLI LPI DD.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00-08.30 Wita selama dua hari ini dilaksanakan dengan tujuan membangun kecakapan anak meliputi kecakapan kreativitas dan berpikir kritis melalui aktivitas multiliterasi yang didesain khusus oleh SLI khusus Ramadan.

Di hari pertama, peserta disuguhi cerita-cerita dongeng yang dituturkan oleh guru sekolah dampingan SLI, Sunarti, S.Pd,. Selanjutnya ada sesi “Yuk Kenali Aku” yang di mana peserta diajak untuk saling mengenal satu sama lain antar sekolah dampingan dan imbas, agar bounding antara peserta dapat terbangun dengan baik selama kegiatan berlangsung. Tidak hanya itu serangkaian kegiatan lainnya tidak kalah seru, ada aktivitas KLiK yang beragam, sulap gambar, buka bersama, dan juga sesi malam renungan dan sahur bareng.

Sedangkan untuk hari kedua, dilanjutkan dengan fun games, dari mulai estafet air, lomba memasukkan jarum ke dalam botol, dan lomba lompat kardus. Penuh canda tawa dan anak-anak sangat antusias mengikuti aktivitas KLiK Ramadan ini tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah MI Guppi Rannaloe pak Supriadi yang yang merupakan Kepala Sekolah dari sekolah dampingan SLI Dompet Dhuafa mengungkapkan rasa syukur adanya kegiatan KLiK Ramadan, sebab baru kali ini ada kegiatan yang menjadi wadah pemersatu antara siswa dan guru dari dusun pelosok. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena guru dan siswa terbangun kekompakannya, saling terbangun kolaborasinya, serta menjadi semakin bersemangat dalam membangun giat literasinya,” tuturnya. “Semoga SLI DD bisa semakin sering menggiatkan kegiatan semacam ini, pokoknya seru, ini di luar ekspektasi saya,” tambahnya lagi.

“Dompet Dhuafa selalu memberikan kejutan buat kami, saya senang mengikuti kegiatan ini, apalagi saat sesi games dan sesi Yuk Kenali Aku, saya bisa punya banyak teman padahal sebelumnya kami tidak saling mengenal, demi kegiatan ini kami rela berjalan jauh karena di benak kami kegiatan ini  pasti menyenangkan dan bisa menjadi pengalaman berharga buat kami. Terima kasih kak Melati selaku fasilitator program sudah mengatur jalannya kegiatan ini, terima kasih SLI, terima kasih Dompet Dhuafa,” ungkap Aura, salah satu peserta KLiK Ramadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]