Sambut Ramadan, SLI Ajak Orang Tua Menyusun Agenda Literasi yang Menyenangkan untuk Anak

Sambut Ramadan, SLI Ajak Orang Tua Menyusun Agenda Literasi yang Menyenangkan untuk Anak

Sambut Ramadan, SLI Ajak Orang Tua Menyusun Agenda Literasi yang Menyenangkan untuk Anak

Bogor – Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) mengadakan Tarhib Ramadan bertajuk “Menyusun Aktivitas Literasi Anak Yang Menyenangkan Selama Ramadan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (31/3) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Topik yang diangkat pada kegiatan ini yang pertama adalah terkait pentingnya menyusun agenda Ramadan bersama anak, sharing praktik baik di keluarga dan pemaparan beberapa contoh aktivitas yang bisa dilakukan. Bunda Wilda selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan Ayah Bunda selama Ramadan bahkan sejak anak masih ada di dalam kandungan. Beberapa praktik yang pernah dilakukan Bunda Wida diantaranya adalah dengan mengajak anak menonton film anak dan menceritakan kembali isi film, bermain Bookish Play, ceramah ala pil dacil, bermain dan beryanyi tepuk-tepuk, Pretend Play, Read Aloud dan mendongeng.

Sebagai salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama Ramadan, mendongeng bisa dilakukan dengan bermacam cara. Kak Ojan sebagai pendongeng menyampaikan tentang bagaimana menceritakan kisah-kisah yang ada dalam Al-Qur’an secara menarik. Dengan itu harapannya akan menjadi sesuatu yang menarik bagi anak-anak dan ingin selalu membacanya.

Di Akhir sesi pengelola SLI memberikan gambaran singkat tentang Panduan Aktivitas Literasi Ramadan Untuk Anak yang akan dibagikan kepada peserta. SLI berharap, dengan adanya panduan ini orang tua bisa memaksimalkan waktu berliterasi dengan anak selama Ramadan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]