GELAR WORKSHOP KLIK SEBAGAI BEKAL PENGEMBANGAN KOMUNITAS LITERASI DI KABUPATEN SOLOK

Gelar Workshop KLiK sebagai Bekal Pengembangan Komunitas Literasi di Kabupaten Solok
Solok, SuhaNews – Tim Sekolah Literasi Indonesia (SLI) melakukan kunjungan ke Wilayah Solok untuk memonitoring Penggiat Literasi Indonesia (PELITA) dan evaluasi program serta workshop Kelas Literasi Kreatif selama dua hari, 14 s.d 15 Agustus 2023.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini meliputi observasi langsung pada praktik kegiatan membaca lantang dan observasi kelas literasi kreatif (KLiK) yang dilaksanakan guru PELITA sebagai bentuk implementasi dari materi yang telah diperoleh dari Kelas Intensif. Selain itu, juga dilaksanakan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, pengurus PELITA Solok, serta workshop penyusunan modul KLiK ke guru-guru di wilayah Solok.

Kehadiran program PELITA SLI di Kab. Solok menjadi pelopor komunitas literasi dan menjadi pemantik bagi guru guru lainnya untuk pengembangan literasi di Kab. Solok,” ujar Kabid Pendidikan Pembinaan SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Dr. Irnes Jakli Sy, M.Pd. “Program ini, jelas berkualitas, bertujuan untuk menciptakan sebuah komunitas literasi yang mampu mengembangkan literasi di suatu wilayah,” tambahnya.

“Komunitas PELITA ini diharapkan mampu mendorong minat dan kompetensi siswa dalam keterampilan dan pengetahuan literasi yang ada di Kabupaten Solok,” sambung Irnes.

Salah satu rangkaian monev yang dilakukan adalah dengan mengadakan Workshop Kelas Literasi Kreatif (KLiK). Kegiata ini diiikuti oleh 29 guru yang sebelumnya diseleksi dan telah dinyatakan lolos untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan workshop dimulai dengan adanya praktik pembelajaran menggunakan modul KLiK agar peserta memahami dalam implementasi pembelajaran literasi kreatif. Peserta juga diberikan pemahaman tentang proses penyusunan modul dan pembentukan kelompok untuk menyusun kerangka modul.

“Peserta workshop tersebut akan menjadi komunitas literasi bersama pengurus PELITA SLI dalam menggiatkan gerakan literasi di Kab. Solok,” ujar Manajer SLI, Muhammad Shirli Gumilang.

“Kegiatan workshop ini bukanlah akhir dari rangkaian kegiatan. Ke depannya peserta akan menjadi penggiat literasi di Kabupaten Solok dan mampui mengimbaskan pengetahuan tentang literasi di sekolah atau pun di lingkup lainnya,” jelasnya.

Salah seorang pengurus PELITA, Reni, berharap mampu memberikan pelayanan pembelajaran literasi terbaik bagi anak didiknya di dalam kelas dan juga di rekan guru lainnya “Saya berharap dapat berbagi praktik baik kepada guru-guru di Kabupaten Solok,” ujar Reni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]