WORKSHOP MENULIS CERITA PRAKTIK BAIK

Workshop Menulis Cerita Praktik Baik

Kontributor: Siddiq Robbani (PO Klaster Mandiri SLI)

Telah diselenggarakan workshop berbagi praktik baik mengenai aktivitas menulis oleh Siska Distiana. Workshop yang diselenggarakan Sekolah Literasi Indonesia tersebut digelar pada Selasa, 23 Mei 2023 lalu ini dilaksanakan secara daring yang melibatkan 27 peserta mencakup fasilitator Klaster Mandiri dan juga Kawan SLI 5.

Siska Distiana menyampaikan alasan mengapa kita perlu menulis. Pertama, ia menjelaskan bahwa menulis merupakan sunah rasul yang berguna untuk mengikat ilmu dan bermanfaat bagi manusia. Selain itu, menulis juga dapat menuangkan gagasan dan meluangkan keresahan yang ada dalam pikiran kita. Menulis juga berfungsi sebagai rekam jejak aktivitas kita di masa lalu dan dapat memperkuat personal branding serta memperkenalkan diri kita kepada khalayak ramai. Selain itu, tulisan juga memiliki kekuatan untuk menggerakkan masyarakat dan membuat mereka tersadarkan untuk bergerak atas ide tertentu.

Selanjutnya, peserta workshop diajak untuk memahami dari mana kita bisa mulai menulis. Siska Distiana menekankan bahwa kita dapat memulai menulis berdasarkan apa yang kita yakini, seperti agama, prinsip, dan adab yang kita anut. Selain itu, menulis juga dapat didasarkan pada apa yang kita alami, rasakan, dan kuasai. Tulisan dari seorang akademisi yang memiliki keahlian dalam satu bidang studi juga cenderung lebih diterima.

Siska Distiana juga memberikan tips mengenai praktik baik dalam menulis. Ia mengatakan bahwa sebuah tulisan sebaiknya memiliki alur yang jelas, mulai dari awal, menghadapi masalah, mengurai masalah, memberikan penyelesaian, hingga akhir cerita. Dialog juga dapat disematkan dalam tulisan untuk menambahkan rasa dan menciptakan emosi pada pembaca.

Setelah penjabaran materi dari narasumber tentang bagaimana membuat tulisan, selanjutnya peserta lebih banyak interaktif sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]