SLI GELAR PELUNCURAN DAN PANEN KARYA MODUL KELAS LITERASI KREATIF (KLiK)

Peluncuran dan Panen Karya Modul Kelas Literasi Kreatif (KLiK)

Setelah melewati proses panjang, dari mulai pemilihan aktivitas Kelas Literasi Kreatif (KLiK), penyusunan aktivitas dan konten modul, desain dan layout modul, akhirnya pada Jumat, (10/2) kemarin modul KLiK yang telah disusun oleh Sahabat KLiK sejak September 2022 lalu telah diluncurkan.

Peluncuran modul KLiK yang difasilitasi oleh Sekolah Literasi Indonesia (SLI) juga dirangkaikan dengan aktivitas panen karya modul guna memperkenalkan modul KLiK dengan ragam aktivitas literasi kepada masyarakat luas.

 

 

 

Sahabat KLiK yang berperan sebagai fasilitator aktivitas literasi di ranah keluarga, sekolah, dan masyarakat merancang konten modul dengan beragam fase, dari fase 0 hingga fase C. Sebanyak 48 konten aktivitas literasi dari 46 penyusun telah menyelesaikan proyek modul KLiKnya.

Sahabat KLiK mempresentasikan karya modul mereka lewat sistem Break Out Room via zoom, sehingga peserta dapat dengan leluasa memilih ruang pameran modul.

Mulyadi Saputra, Kepala Lembaga Pengembangan Insani mengapresiasi peluncuran karya para Sahabat KLiK atas upaya mereka dalam menyuarakan gerakan literasi di wilayah mereka masing-masing. “Semoga modul yang sudah diramu ini dapat membantu guru di sekolah, orang tua di rumah, dan juga para penggiat literasi di TBM atau di komunitas literasi lainnya dalam melaksanakan aktivitas literasi, sehingga gerakan ini bisa lebih masif lagi, dan kita bisa melihat hasilnya di sepuluh tahun mendatang, yaitu melihat masayarakat kita yang lebih literat,” ucap Mulyadi Saputra dalam sambutannya.

Kegiatan peluncuran dan panen karya modul KLiK yang dihadiri 100 partisipan tersebut juga menghadirkan Sofie Dewayani sebagai keynote speaker. Pada kesempatan tersebut Sofie memberikan penjelasan tentang esensi dari pengembangan literasi sebagai upaya peningkatan pembelajaran.

Agar semakin banyak guru, orang tua, penggiat TBM, dan para praktisi pendidikan yang bisa menjadikan modul KLiK sebagai panduan pelaksanaan aktivitas literasi ini, SLI akan memberikan akses modul pada website SLI. Semoga kehadiran modul KLiK ini bisa menjadi upaya dalam meningkatkan masyarakat yang gemar membaca, dan menjadikan aktivitas pembelajaran lebih menyenangkan, kreatif dan bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]