SLI BEKERJA SAMA LETS READ INDONESIA LUNCURKAN AUDIO BUKU GEMARI BACA

SLI Bekerja Sama Let’s Read Indonesia Luncurkan Audio Buku Gemari Baca

Bogor –  Memperingati Hari Aksara Internasional dan Hari Literasi Nasional, pada  Jumat (08/09/2023) Sekolah Literasi Indonesia  (SLI) dan Let’s Read Indonesia menggelar Peluncuran Audio Buku Gemari Baca bertajuk Audio Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Indonesia.

Menurut Nurul Aeni, Pengelola Audio Buku SLI, buku bacaan bermutu adalah sumber belajar alternatif yang akan memperkaya pengalaman anak saat berinteraksi dengan buku. “Proyek Audio Buku ialah salah satu proyek SLI guna memperkaya bahan belajar anak-anak dan meluaskan gerakan literasi Indonesia,” ujar Nurul Aeni.

Peluncuran yang dilaksanakan daring ini menghadirkan Mulyadi Saputra, Kepala LPI DD; Dr. Iwan Syahril, Dirjen PAUD Kemendikbudristek; Drs. Muhammad Abdul Khak, Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa; Hana A. Satriyo, Country Representative The Asia Foundation; Kak Aio, Pendongeng Internasional; dan Shirli Gumilang, Manajer SLI.

“Tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan proyek Audio Buku. Kami juga melibatkan berbagai mitra kolaborasi, Alhamdulillah proyek Audio Buku telah menghasilkan 184 karya audio buku gratis di kanal Youtube Gemari Baca dan www.sekolahliterasi.id,” ungkap Nurul Aeni.

SLI sebagai program di bawah naungan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) berfokus dan berikhtiar pada pengembangan budaya literasi diseluruh ekosistem dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia melalui literasi.

Nurul Aeni menjelaskan, secara umum Peluncuran Audio Buku bertujuan mensosialisasikan karya audio buku kepada masyarakat supaya semangat membaca semakin membara. “Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sumber bacaan berkualitas sekaligus menyosialisasikan koleksi Audio Buku Gemari Baca sehingga bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran,” jelasnya. Ia berharap Peluncuran Audio Buku Gemari Baca bisa memberikan motivasi ke masyarakat pentingnya membacakan buku dan menyediakan alternatif cara membacakan buku ke anak-anak.

Rangkaian peluncuran Audio Buku digelar secara meriah dan semarak karena dihadiri tokoh literasi di bidang dongeng seperti kak Aio. Kehadirannya kali ini ialah memberi edukasi terkait manfaat dari aktivitas dongeng. Menurutnya membacakan buku dan bercerita kepada anak bukan sekacar menyuarakan kisah dari buku, namun juga memberi pengalaman bermakna bagi anak sebagai makhluk imajinatif dan peniru. Oleh karena itu melalui dongeng harapannya anak mampu tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan juga tidak lupa akan pengalamannya mendengar cerita baik dari orang tuanya.

Penampilan karya audio buku 2023, membaca berantai yang menampilkan 11 pembaca berantai yang merupakan Relawan Audio Buku dan juga penyampaian kesan-kesan oleh relawan berbisik menjadi rangkaian penutup kegiatan peluncuran Audio Buku 2023 yang diikuti ratusan partisipan. Semoga dengan diluncurkannya karya audio buku ini anak-anak memiliki referensi cerita yang bisa dinikmati di mana pun dan kapan pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]