PERINGATI HARI AKSARA INTERNASIONAL, SLI AJAK GURU INDRAGIRI HILIR, RIAU IKUTI GERAKAN 1000 GURU MEMBACAKAN BUKU SECARA NYARING

 

Peringati Hari Aksara Internasional, SLI Ajak Guru Indragiri Hilir, Riau Ikuti Gerakan 1000 Guru Membacakan Buku Secara Nyaring

Riau – Dalam memasifkan semangat membaca, Sekolah Literasi Indonesia (SLI) menghelat Gerakan 1000 Guru Membacakan Buku Secara Nyaring se-Kabupaten Indragiri Hilir sebagai rangkaian memperingati Hari Aksara Internasional pada Jumat (08/09) secara daring di masing-masing sekolah.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 1000 guru tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Indragiri Hilir dan turut dihadiri berbagai stakeholder terkait, di antaranya, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hilir, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, penggerak literasi, serta Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau.

Shirli Gumilang, Manajer SLI, menyebutkan jika Gerakan 1000 Guru Membacakan Buku Secara Nyaring hadir dari semangat membumikan literasi di hari Aksara Internasional. “Kami menyadari bahwa perubahan besar lahir dari pembiasaan-pembiasaan kecil, dan pembiasaan tersebut perlu dipantik oleh inspirasi,” jelasnya.

SLI sebagai program pengembangan budaya literasi di Indonesia berkomitmen menggerakan dan meningkatkan minat membaca secara masif dengan mengajak penggiat literasi terlibat dalam kegiatan yang dihadiri H. Muhammad Wardan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dan Hj. Zulaikha Wardan, Bunda Literasi Kabupaten Indragiri Hilir.

Tujuan besar Gerakan 1000 Guru Membacakan Buku Secara Nyaring, tambah Shirli, di antaranya mengajarkan teknik efektif membacakan buku dengan suara nyaring kepada guru sekaligus menguatkan pandangan guru sebagai teladan literasi. “Tak hanya sampai di sana kami juga ingin menginspirasi kebiasaan membaca buku oleh guru agar minat baca siswa terdorong dan membangun semangat guru membaca nyaring sebagai metode pembelajaran,” pungkasnya.

Gerakan yang diikuti bahkan lebih dari 1000 guru ini diharapkan dapat menginspirasi ribuan guru untuk rutin membacakan buku secara nyaring dimulai dari langkah awal membaca buku secara serentak hari ini di kelasnya masing-masing. (AR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]