CALL TO ACTION (CtA) KELAS MEDITASI: MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS GURU SD DI KABUPATEN BATU BARA

Call to Action (CtA) Kelas MEDITASI: Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru SD di Kabupaten Batu Bara

Batu Bara – Sabtu, 16 September 2023 lalu, Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) Batu Bara bekerja sama dengan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) mengadakan kegiatan Call to Action (CtA) bertajuk Kelas MEDITASI (Media Literasi). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas dalam pembuatan media literasi serta memperkenalkan KOMED Batu Bara kepada para guru.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 peserta, yang semuanya merupakan guru-guru SD di Kabupaten Batu Bara yang memiliki semangat tinggi untuk belajar dan meningkatkan kapasitas diri sebagai tenaga pendidik.

Ridwan, S.Pd, selaku Koordinator KOMED Batu Bara memberikan kata sambutan, memaparkan tujuan dan harapan dari kegiatan ini. Beliau juga menjelaskan mengenai Kelas MEDITASI dan mengajak para peserta untuk melakukan penandatanganan kontrak belajar sebagai simbol komitmen dalam mengikuti kelas MEDITASI.

Materi utama dalam Kelas Meditasi kali ini adalah memanfaatkan media literasi dari bahan bekas dan Pembuatan Rencana Pembuatan Media Pembelajaran (RPMP). Ibu Ila Royanti, S.PdI, S.Pd, memberikan penjelasan mendalam terkait materi tersebut. Selanjutnya, dilakukan pembagian pendamping yang akan membimbing peserta selama dua minggu dalam pembuatan kerangka media dan RPMP.

Setelah melalui proses pendampingan, hasil karya peserta akan dipamerkan pada Acara Panen Karya Raya yang dijadwalkan pada Sabtu, 30 September 2023 mendatang.

Kegiatan ini memberikan peluang berharga bagi guru-guru SD di Kabupaten Batu Bara untuk mengembangkan keterampilan dan keterampilan mereka dalam pembuatan media literasi. Dengan demikian, diharapkan media-literasi yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas guru dalam pembuatan media pembelajaran.

Sebagai wilayah dampingan Program Organisasi Penggerak SLI yang kini telah memiliki komunitas belajar sambil berbagi bagi para guru dan kepala sekolah, pengurus KOMED Batu Bara merasa sangat bersyukur atas terhimpunnya peserta di momentum tersebut sehingga ke depan ada peluang regenerasi pengurus KOMED.

1 Comment

  1. Saya sangat bangga dapat bergabung DiComed Batu Bara..sekalian dapat saling berbagi ilmu khususnya dibidang karya dalam pengembangan Modul Pembelajaran..namun lebih jauh lagi saya banyak mendapatkan bahan ajar dan metode-metode pengembangan Pembelajaran yang nantinya bisa saya terapkan dilingkungan tempat saya mengajar..semangat untuk perubahan semangat bersama Comed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]