BELAJAR SAMBIL BERKARYA LEWAT AKSI DISEMINASI LCMP 2022

Belajar Sambil Berkarya Lewat Aksi Diseminasi LCMP 2022

Oleh:Fitriana Mahmuddin

Bogor – Pelaksanaan Lomba Cipta Media Pembelajaran (LCMP) tingkat nasional tahun 2022 yang telah digelar sejak 21 Oktober lalu kini telah sampai pada tahap penantian pengumuman. Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada perayaan peringatan Hari Guru Nasional, 25 November mendatang. LCMP yang diikuti oleh 260 guru tersebut akhirnya telah terpilih 15 finalis yang maju ke tahap Diseminasi sebagai wadah para finalis melakukan presentasi karya.

Rangkaian Diseminasi LCMP pun telah usai dilaksanakan, seluruh finalis memiliki kelebihan dan khas masing-masing pada karya media mereka. Diseminasi LCMP yang dilaksanakan daring menampilkan aksi seluruh peserta dengan semangat dan keseruannya masing-masing. Tak heran, dewan juri dibuat takjub akan karya ciamik para finalis. Untuk kategori poster edukasi jenjang SD dilaksanakan pada Kamis (17/11), sedangkan untuk kategori poster edukasi jenjang SD dan kategori board game jenjang SMP dan SMA dilaksanakan pada Jumat (18/11).

15 finalis yang telah terpilih tersebut secara bergantian menampilkan aksi diseminasinya di hadapan para dewan juri dengan mempresentasikan karya mereka dilanjutkan dengan tanya jawab. Adapun ke 15 finalis LCMP 2022 antara lain untuk kategori Alat Permainan Edukatif (APE) jenjang TK-PAUD antara lain Ai Atun Mardiah, guru TK Islam Plus Prima Insani Garut Jawa Barat dengan karya medianya “Koper Literasi PAUD”, Euis Nurhayati, guru PAUD Al-Farabi Parung Bogor Jawa Barat dengan karyanya “RUSI (Rumah Numerasi)”, Indri Kristina, guru TK Sinar Pancasila Soe Timor Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur dengan karyanya “Kepi Si Kelinci Pintar”, Ari Winarsih, guru KB Permata Hati Telgawah Rembang Jawa Tengah dengan karyanya “Matematika Balok Pintar”, serta Heni Natalia, guru TK Kalijaga Aikmel Lombok Timur Nusa Tenggara Barat dengan karyanya “BIGBOOK.

Pada kategori poster edukatif jenjang SD antara lain Agus Hendra Gunawan, Guru SDN 5 Ampenan Nusa Tenggara Barat dengan karya media “POS SAMPAH”; Febrinatyas Nugraheni, Guru SLBN 1 Bangli Bali dengan karya media “Hikmah Perjalanan ke Yastrib/Madinah”; Parsad Amalia Ulhusna, Guru SDN Baluwarti Yogyakarta dengan karya media “Organ Pernapasan Manusia”; Realita Mahanani, Guru SDN 2 Gadingharjo Yogyakarta dengan karya medianya “Kelompok Hewan Berdasarkan Makanannya” dan Wulandari Salisa Nurdiana, Guru SDN Ciomas 08 Bogor Jawa Barat dengan karya medianya “Mengenal Lebih Dekat dengan Magnet”.

Adapun untuk kategori board game edukatif jenjang SMP dan SMA antara lain, Aprilia Dewi Siyamsih, Guru MA SAINS Bina Insan Kamil Tuban Jawa Timur dengan karyanya berjudul “Reading Bridge”; Miftah Rizkamuna, Guru SMP SMART Ekselensia Bogor Jawa Barat dengan karya medianya berjudul “Mathables”; Elsa Oktabriani, Guru SMP EKATJIPTA Perdana Seruyan Kalimantan Tengah dengan karya medianya “English Monopoly”; Muhammad David, Guru Yayasan Perguruan Hasanuddin Gowa Sulawesi Selatan, karya medianya berjudul “LOCAR (Ludo of Character)” dan Nelah Roswati, Guru Al-Azhar SBP Science Bandung Barat Jawa Barat, karya medianya berjudul “Pirates VS Echinomonsters Ropes and Ladder Game”.

Dewan juri LCMP untuk masing-masing kategori terdiri dari dua orang. Dewan juri untuk kategori Alat Permainan Edukatif (APE) jenjang TK PAUD adalah Rina Fatimah, Rektor STIM Bakti sekaligus Asesor BAN PAUD dan PNF Jawa Barat, serta Yuni Widiastuti, founder dari Rumah Main STREAM yang juga pelatih ahli Kemendikbudristek RI. Selanjutnya juri untuk kategori lomba Poster Edukasi jenjang SD adalah Pradila Maulia seorang Graphic Design Profesional, dan Nurul Aini praktisi media pembelajaran sekaligus founder dari Komunitas Media Pembelajaran (KOMED). Adapun juri untuk kategori Board Game jenjang SMP dan SMA yaitu Muhammad Handoko, praktisi board game edukatif dan Isa R. Akbar, gamed based learning fasilitator.

Indri Kristina, peserta LCMP Kategori APE asal NTT merasa sangat senang dan bersyukur mengikuti LCMP 2022 yang dilaksanakan oleh KOMED ini. “Melalui lomba ini saya mendapatkan pengalaman baru dan merasakan suasana kompetisi yang sangat menyenangkan tapi juga menegangkan. Ini merupakan kali pertama saya mengikuti lomba seperti ini dan dari sini saya belajar untuk jangan takut mencoba hal baru,” ucap Indri.

“Banyak kesan baik yang saya dapat ketika mengikuti LCMP 2022 ini baik dari panitia maupun dari peserta lainnya, saya merasa termotivasi dan terpacu untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Saya juga berharap semoga LCMP ini dapat selalu terlaksana agar menjadi wadah untuk para pendidik mengembangkan kreativitasnya,” Tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]