ALUSIA, Wadah Alumni Berkreasi, Belajar, dan Berbagi

ALUSIA, Wadah Alumni Berkreasi, Belajar, dan Berbagi

Oleh: Fitriana Mahmuddin

 

 

 

 

 

 

Sejak 2009 Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) telah mencetuskan sebuah gerakan literasi melalui program Sekolah Cerdas Literasi. Program tersebut semakin lama semakin berkembang menjadi Sekolah Literasi Indonesia (SLI) dan Gemari Baca. Hingga saat ini, LPI DD telah menjangkau ribuan penerima manfaat dan ratusan mitra kolaborasi. Oleh karena itu sebagai upaya menjaga semangat kolaborasi, berkarya dan berbagi, para alumni saling berembug sekaligus menginisiasi sebuah wadah bernama Alumni Sekolah Literasi Indonesia dan Gemari Baca (ALUSIA).

ALUSIA dibentuk untuk merangkul dan menghimpun alumni dengan tujuan agar bisa saling bersinergi, berkolaborasi dan berkontribusi dalam menggerakkan masyarakat yang literat, sehingga upaya pengembangan literasi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat bisa terus berjalan dan semakin luas serta bermakna kebermanfaatannya. Selain itu, SLI percaya bahwa ALUSIA adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang berbeda-beda, sehingga diharapkan dengan terbentuknya ALUSIA, alumni memiliki kesempatan dan ruang untuk beraktualisasi berdasarkan potensi dirinya masing-masing.

Alumni yang terhimpun pada ALUSIA ini antara lain Duta Gemari Baca, Konsultan Relawan (Kawan SLI), pengelola, Perpustakaan Gemari Baca, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Gemari Baca, Penggiat Literasi Indonesia (Pelita), Relawan Audio Buku, Asosiasi Konsultan SLI, serta guru dan kepala sekolah dampingan SLI.

Mulanya, SLI merangkul para alumni pada sebuah momentum Temu Kangen ALUSIA yang diselenggarakan pada Mei 2022 lalu. Setelah itu, alumni diberikan wadah diskusi untuk mencetuskan konsep yang matang dalam menggerakkan ALUSIA. Selanjutnya, dibentuk dan disepakati pengurus untuk masing-masing divisi, lalu kemudian diberikan pembinaan untuk menunjang kapasitas mereka selama menjalankan peran dan mengoptimalkan ALUSIA ke depannya.

Pada Agustus 2022, 32 pengurus terpilih untuk menggeliatkan ALUSIA selama satu tahun ke depan. Terdapat enam divisi program ALUSIA antara lain, Pengurus Harian, divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Data, Divisi Publikasi dan Media, Divisi Humas, serta Divisi Program dan Koordinator wilayah. Saat ini, ALUSIA aktif menyiarkan program literasi pada kanal Instagram @keluarga_alusia dan juga kelas webinar berbasis daring lainnya.

Harapannya, lahirnya ALUSIA tak hanya merangkul semangat kolaborasi dari para alumni, namun juga mampu mengambil bagian dalam menggerakkan masyarakat yang literat dan mengembangkan budaya literasi di berbagai ranah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]