2 ALUMNI KAWAN SLI RAIH PENGHARGAAN PADA LOMBA “RANCANGAN PRAKTIK BAIK LITERASI BAGI KOMUNITAS LITERASI” SE-SUMATRA UTARA

2 Alumni Kawan SLI Raih Penghargaan Lomba “Rancangan Praktik Baik Literasi Bagi Komunitas Literasi” se-Sumatra Utara
Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBSU) menggelar Festival Literasi Sumatera Utara yang telah berlangsung selama 4 hari, yakni 25-28 September 2023. Kegiatan bertajuk Literasi sejak Dini, Literasi dari Hati, berlangsung di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Jalan Bunga Raya No. 96, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan. Kepala Balai Besar Provinsi Sumatera Utara, Hidayat Widiyanto menyampaikan latar belakang festival literasi ini adalah tindak lanjut program pemutakhiran profil komunitas literasi tahun 2022 dan 2023.
Sebanyak 34 komunitas literasi yang terdiri dari 11 kabupaten kota dan 80 penggiat di Sumatera Utara ikut serta dalam festival literasi ini. Adapun rangkaian agenda kegiatan dari festival literasi ini, yakni pelatihan literasi, diskusi literasi, berbagi praktik baik bersama para pegiat dan praktisi literasi, lomba-lomba literasi yang diselenggarakan dengan dua kategori yakni untuk komunitas literasi dan untuk peserta didik. Lomba yang diselenggarakan terdiri dari, praktik baik literasi dan konten literasi, menggambar, bermain membaca, berlakon, dan konten literasi wajah sekolah.

Pada kesempatan tersebut, dua alumni SLI dari program Konsultan Relawan (Kawan) angkatan 4 Penempatan Kab. Lebak, Banten turut serta menjadi partisipan di masing-masing kelompoknya. Yakni, Arbi Zulham dan Mawardah. Keduanya ikut serta pada lomba “Rancangan Praktik Baik Literasi Bagi komunitas Literasi” dan berhasil menyabet juara 1 dan 2.

Salah satu rancangan praktik literasi yang diusung oleh kelompok Arbi adalah “Ojek Baca”, yaitu upaya menjangkau dusun atau area² yg lebih “dalam” dgn membawa buku bahan bacaan. Kemudian melakukan aktivitas baca tulis bersama anak-anak dan masyarakat umum di dusun tersebut. Sedangkan ide rancangan kelompok Mawardah adalah KoIn. Program yang dilakukan dalam program “KoIn” yaitu Kotak MinBa (Minat Baca), Kotak ManCa (Menulis dan Membaca), Kotak KuLing (buku Keliling), Kotak TeDi (Teman Dialog), Kotak LiFan (Literasi Finansial). Kotak Inspirasi (KoIn) akan menjadi jalan dalam proses diagnnostik dan refleksi dalam setiap perjalanan program yang dilaksanakan.

“Kegiatan ini luar biasa sekali, pemerintah melalui BBSU menunjukkan kehadirannya di tengah perjuangan para penggiat literas dengan mengadakan acara yang mewadahi kami yang memiliki passion yang sama, dan momentum tersebut juga memberikan dukungan dengan menghadirkan mentor dan pakar literasi untuk menguatkan program TBM masing-masing, serta menjejaringkan TBM atau komunitas literasi se-Sumatra Utara,” ucap Arbi penuh semangat.

Arbi berharap melalui kegiatan yang diselenggarakan BBSU tersebut dapat terus memantik para penggiat dan praktisi literasi untuk terus menggelorakan gerakan literasi meskipun di lingkup terkecil.

Sementara itu Mawardah mengungkapkan bahwa bekal yang diperoleh dari SLI selama ia turut serta menjadi fasilitator program Kawan menjadikannya lebih percaya diri membangun daerahnya dan saling berbagi praktik baik literasi satu dengan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]