WADAHI KREATIVITAS GURU, KOMED BIMA GELAR KELAS CIPTA MEDIA PEMBELAJARAN

Wadahi Kreativitas Guru, KOMED Bima Gelar Kelas Cipta Media Pembelajaran

Kontrunbutor: Rosmala Dewi Arahman
Redaktur: Fitriana M

Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) Bima melalui program Call to Action menyelenggarakan kelas pelatihan intensif bertajuk Kelas Cipta Media Pembelajaran. Program ini resmi dibuka pada Sabtu, 9 Oktober 2023 oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kab. Bima yang diwakili oleh H. Fathurahman M. Pd selaku Sekdis Dikbudpora Kab. Bima. Program ini diikuti oleh 23 guru SD Se-Kecamatan Madapangga dan wilayah program ini berpusat di Kecamatan Madapangga.

Kelas Cipta Media Pembelajaran ini diikuti oleh 23 guru SD/MI Se-Kecamatan Madapangga. Program ini berlangsung mulai dari 9 September – 13 Oktober 2023 dan diikuti oleh 23 orang guru SD di Kecamatan Madapangga. Selain membuat media pembelajaran, peserta juga unjuk kemampuan dan kreativitas lewat kegiatan panen karya di akhir program.

Terdapat 4 kali pertemuan luring dan pendampingan secara daring melalui grup whatsapp. Progam ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru berupa terciptanya media pembelajaran sederhana sehingga pembelajaran di kelas lebih menarik dan interaktif.

Pada akhir kegiatan, KOMED Bima menyelenggarakan panen karya yang dibalut dalam bentuk ajang kompetisi untuk peserta dengan tujuan agar peserta lebih semangat dan termotivasi untuk membuat media pembelajaran yang inovatif.

Salah seorang peserta memberikan tanggapannya terkait program yang diselenggarakan oleh KOMED Bima.
Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menarik karena kegiatan ini membantu para guru untuk lebih berkreasi menciptakan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan keaktifan siswa di kelas. Beliau juga berterimakasih kepada tim KOMED Bima yang bersedia memberikan kesempatan kepada guru-guru karena mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan, dan wawasan baru tentang media pembelajaran. Beliau juga berharap semoga kedepan kegiatan seperti ini terus ada dan dikembangkan agar guru-guru semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran maupun suasana belajar yang menyenangkan.

Salah satu pengawas mengungkapkan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Bima, sehingga pihaknya sangat menyambut dengan semangat dan mengapresiasi seluruh pengurus KOMED atas inisiatifnya menjembatani guru dalam berkatya. “Program seperti ini bagus sekali, guru-guru jadi punya kesempatan untuk berkreasi dan berkarya, semoga setelah ini guru-guru menjadi lebih bersemangat dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan disenangi siswa,” tutur Drs. M. Saleh. Beliau juga berterimakasih kepada KOMED Bima karena sudah menyelenggarakan program ini di wilayah tugasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Potret Kesederhanaan Sang Penggerak Perubahan di Pesisir Sulawesi Tenggara Kak Maul sapaannya, dikenal sebagi[…]