PELITA INDRAGIRI HILIR TINGKATKAN BUDAYA LITERASI LEWAT WORKSHOP KLiK DAN FRA

PELITA Indragiri Hilir Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Workshop KLiK dan FRA

TEMBILAHAN- Gugus 4 H. Abdul Fatah, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan tema Workshop Kelas Literasi Kreatif (KLiK) dan Fun Reading Activities (FRA) yang berkolaborasi dengan melibatkan Penggiat Literasi Indonesia Kabupaten Indragiri Hilir (PELITA INHIL). PELITA Inhil adalah komunitas yang difasilitasi oleh Seklah Literasi Indonesia.

Acara yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Juni 2023 tersebut dipusatkan di SDN 008 Sungai Gantang yang juga sebagai sekolah penggerak menghadirkan narasumber Nurya Nuari Ratna, S.Pd selaku Plt SDN 035 Tembilahan, Sri Mardiyah, S.Pd., Guru SDN 011 Pulau Palas, Nurhasanah, S.Pd., Kepala perpustakaan SDN 035 Tembilahan dan Aden Busra Saputra, S.Pd. Staf TU SDN 008 Sungai Gantang.

Selaku tuan rumah, Udi Priyono S.Pd.SD, Kepala SDN 008 Sungai Gantang menyampaikan bahwa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengaplikasikan aktivitas literasi kreatif, menyenangkan dan bermakna bersama murid. Selain itu, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memantik semangat para pelaku pendidikan di wilayahnya.

Workshop KLiK dan FRA yang diinisiasi oleh PELITA Inhil ini menghadirkan 20 peserta guru. Harapannya semangat dalam mengembangkan literasi tak hanya tergambar saat ada workshop, tapi juga saat pengembangan KLiK dan FRA oleh guru di kelasnya masing-masing.

Sementara Nurya Nuari Ratna, S.Pd., selaku narasumber mengatakan bahwa KLiK bisa menjadi panduan kegiatan bagi para guru dan juga penggerak relawan saat membersamai anak-anak sehingga pada penerapannya mampu membangkitkan kembali semangat dan gairah anak-anak dalam menjalankan kesehariannya. ”Semangat terus dalam berkreasi dalam mewujudkan merdeka belajar dan profil pancasila,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]