LUASKAN DAMPAK; KOMED BATUBARA PERKENALKAN “FRA” KEPADA KKG KECAMATAN DATUK TANAH DATAR

Kontributor: Arbi Zulham
Redaktur: Fitriana M

Luaskan Dampak; KOMED Batu Bara Perkenalkan “FRA” Kepada KKG Kecamatan Datuk Tanah Datar

Batubara- Pasa Sabtu, (28/10), Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) Kabupaten Batubara melaksanakan workshop pengenalan Fun Literasi Activities (FRA). Kegiatan ini diikuti oleh lima Sekolah Dasar (SD) se-kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara. Workshop ini berlangsung di SD 13 Binjai Baru.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak lebih banyak guru dan sekolah agar mengenal dan mengimplementasikan aktivitas membaca secara menyenangkan di kelas, sehingga aktivitas siswa membaca di kelas lebih terprogram dan terukur serta membangun pembiasaan cinta dan gemar membaca buku mulai dari akarnya.

“Dalam workshoop ini, diharapkan guru-guru dapat mengikutinya dengan semangat, kemudian dapat mempraktikkanya di sekolah masing-masing.” Ungkap Yanti, Kepala Sekolah SD 13 Binjai Baru.

Rangkaian pengenalan FRA ini diikuti sebanyak 35 peserta gabungan guru dan Kepala Sekolah. Ridwan, Ketua KOMED dalam paparannya mengenalkan 4 aktivitas membaca. Membaca Mandiri, Membaca Berpasangan, Membaca Bersama, dan Membaca lantang. Kemudian juga mengenalkan bagaimana aturan penjenjangan buku. Sehingga nantinya, buku yang dibaca anak akan sesuai dengan tingkat kemampuan literasi bacanya.

Tak hanya mengenalkan ke empat variasi membaca menyenangkan, namun juga mempraktikkan contoh pelaksanaan membaca lantang di hadapan para audiensi dengan harapan pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan utuh dan lengkap. Ridwan selaku pemateri sekaligus fasilitator memungkasi workshop, dengan memperagakan satu aktivitas membaca pada pengenalan ini. Peragaan membaca lantang oleh Ridwan mencontohkan bagaimana aktivitas sebelum, saat, dan sesudah membaca lantang dihadapan siswa.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan referensi ragam aktivitas membaca. Membantu guru-guru menciptakan suasana menyenangkan pada saat siswa membaca di kelas atau pun di perpustakaan. Selain itu, KOMED Batubara yang dibentuk oleh inisiatif keberlanjutan Program Organisasi Penggerak (POP) mampu terus eksis dan memberikan dampak nyata bagi pendidikan di Kabupaten Batubara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Muna (18/05) – Pegiat Literasi Indonesia (PELITA) Angkatan 4 Kabupaten Muna melaksanakan sosialisasi program[…]