KADISDIK BIMA USUNG KOMUNITAS TIM REPLIKASI SEBAGAI UPAYA KEBERLANJUTAN PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK

Kadisdik Bima Usung Komunitas Tim Replikasi sebagai Upaya Keberlanjutan Program Organisasi Penggerak

Bima-Kabupaten Bima merupakan salah satu  daerah yang menjadi sasaran Program Organisasi Penggerak (POP). POP merupakan program dari Kemendikbudristek yang bekerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat (Ormas). Salah satun Ormas yang digandeng adalah Sekolah Literasi Indonesia (SLI).

Tim SLI pusat bersama Kawan SLI 5 Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan kunjungan ke Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dalam rangka melaporkan capaian Program POP SLI tahun 2022 kepada pihak Dinas Dikbudpora Kab. Bima. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (22/2) turut dihadiri Kepala Dinas Dikbudpora kabupaten Bima, Zunaidin M.M yang didampingi Sekertaris Dinas, H. Fathurrahman, M.Pd, Kepala Seksi Kurikulum, Dr. Karyadin, M.Pd dan Koordinator Pengawas, Sudirman Jafar serta dihadiri juga oleh dua perwakilan kepala sekolah dampingan, Bahnan, S.Pd., kepala SDN Karumbu dan Syamsiah, S.Pd., kepala SDN Inpres Rompo.

Selain melaporkan hasil capaian program, pada kesempatan ini tim SLI melakukan penandatangan MoU dengan pihak Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, sebagai bukti keberlanjutan POP SLI di Kabupaten Bima. Program yang telah berlangsung sejak 2021 ini akan berlanjut hingga Juni 2023 mendatang. Pada kegiatan ini juga Tim SLI beserta KAWAN SLI 5 Kabupaten Bima melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak Dinas Dikbudpora Kab. Bima bersama perwakilan kepala sekolah dampingan.

Pada sesi FGD, peserta merefleksikan dan mengevaluasi program yang sudah dilaksanakan. Hasil FGD menghasilkan beberapa rancangan program yang akan dilakukan oleh sekolah dampingan dan Juga Kawan SLI 5 di kabupaten Bima.

Pada kesempatan tersebut Kadis Dikbudpora, Zunaidin M.M menuturkan agar program seperti ini bisa berimbas dan dirasakan manfaatnya oleh sekolah lain selain sekolah dampingan Kawan SLI 5 di Kabupaten Bima, dan pihak dinas pun merencanakan agar POP SLI ini terus berlanjut dengan membentuk sebuah komunitas tim replikasi program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POST LAINNYA

Kreasi Literasi “Fun Reading Activities” Ala PELITA SLI Penulis: Umi Laila Sari Redaktur: Fitriana[…]